SIKAP APRESIASI SENI RUPA MURNI NUSANTARA

Diposting oleh kelompok2 on Kamis, 19 Januari 2012

Hasil karya seni rupa murni Indonesia sudah ada pada zaman prasejarah dan sampai sekarang mengalami perubahan. Sebagai masyarakat Indonesia, kita harus bersikap mengapresiasi terhadap hasil karya seni rupa murni tersebut.
1.     Proses Berkarya Seni Rupa
Aktivitas manusia dalam berolah rasa muncul bersamaan dengan adanya kehidupan di muka bumi. Proses yang panjang dan memakan waktu lama dalam membuat karya akan menghasilkan sebuah indentitas si pencipta. Indentitas itu akan memberikan pengaruh penting dalam pengakuan karya cipta seseorang, hal itu berpengaruh pada keuntungan segi moril dan materil, dan termasuk kebagaan dari seniman, bahkan pengakuan dari dunia.


2.     Mengapresiasi Karya Seni Rupa Murni
Tujuan utama menciptakan sebuah karya untuk mengungkapkan ekspresi jiwa, gagasan, atau ide untuk kepentingan estetis bukan kepentingan praktis. Tujuan pokok dari apresiasi karya secara umum adalah menjadikan masyarakat menjadi peka seni.
Sebuah karya seni rupa murni yang telah dibuat, akan dimasukkan ke dalam lingkungan luar. Bila masyarakat saling menanggapi dan saling berkomunikasi, berarti karya tersebut telah masuk dalam lingkungan tersebut.

3.      Tahapan Mengapresiasi Karya Seni Rupa Murni
a.      Tahap Awal
Merupakan tahap ketika seorang pengamat sedang melihat sebuah karya yang di pamerankan secara sekilas. Ini disebut tahap perkenalan.

b.      Tahap Penghayatan
Tahap penghayatan, seorang apresiator akan mengamati lebih jauh lagi dan berpikir sejenak tergantung pada pengetahuan yang dimilikinya, prose ini sangat penting dan utama dalam mengapresiasi karya.

c.       Tahap Penilaian
Tahap pengambilan keputusan berdasarkan pertimbangan tentang berharganya suatu karya seni. Dalam mengapresiasi karya dapat dilakukan dengan mendeskripsikan sebuah karya, uraian kebentukan, penafsiran makna dan penilaian dalam sebuah karya seni rupa murni Indonesia.
Itulah langkah-langkah mengapresiasikan sebuah karya seni rupa murni.

{ 2 komentar... read them below or add one }

Graha Family mengatakan...

ancene gorong terkenal
iki gawe nilai gk knek d gwe trusno ae

kelompok2 mengatakan...

opo karepe...??

:) :( ;) :D ;;-) :-/ :x :P :-* =(( :-O X( :7 B-) :-S #:-S 7:) :(( :)) :| /:) =)) O:-) :-B =; :-c :)] ~X( :-h :-t 8-7 I-) 8-| L-) :-a :-$ [-( :O) 8-} 2:-P (:| =P~ :-? #-o =D7 :-SS @-) :^o :-w 7:P 2):) X_X :!! \m/ :-q :-bd ^#(^ :ar!

Posting Komentar