E-mail

Diposting oleh kelompok2 on Sabtu, 14 Januari 2012

A. Pengertian

Email merupakan singkatan dari electronic mail atau surat elektronik. Di salah satu literatur komputer, bahkan saya mendapatkan istilah surel untuk surat elektronik sebagai bahasa terjemahan dari email (electronic mail). Elektronik atau biasa disebut email adalah sarana kirim maupun mengirim surat melalui jaringan komputer.
 

B. Sejarah

Surat elektronik sudah mulai dipakai di tahun 1960-an. Pada saat itu Internet belum terbentuk, yang ada hanyalah kumpulan komputer yang terbentuk sebagai jaringan.
Konsep e-mail sendiri pertama kali dikemukan oleh Ray Tomlinson, seorang computer engineer pada akhir tahun 1971. Ray Tomlinson saat itu bekerja pada Bolt, Beranek and Newman (BBN) milik lembaga pertahanan Amerika.
Awalnya Ray bereksperimen dengan sebuah program yang bernama SNDMSG yang bisa digunakan untuk meninggalkan pesan pada sebuah komputer, sehingga orang lain yang memakai komputer itu dapat membaca pesan yang ditinggalkan. Lalu ia melanjutkan eksperimennya dengan menggunakan file protocol yang bernama CYPNET sehingga program SNDMSG tadi bisa mengirim pesan ke komputer lain yang berada di dalam jaringan ARPAnet. Itulah awal terciptanya sebuah ‘e-mail’. Pesan e-mail yang pertama kali dikirim Ray, dan merupakan e-mail yang pertama di dunia adalah “QWERTYUIOP”.
Pada tahun 1972, Ray mengenalkan icon ‘ @ ‘ sebagai identitas e-mail untuk memisah user id dan domain sebuah alamat e-mail, yang berarti “at” atau “pada”



C. Kelebihan E-mail dibandingkan surat biasa


  • Surat biasa umumnya pengirim perlu membayar per pengiriman (dalam hal ini membeli perangko), namun surat elektronik atau biasa disebut email biaya yang dikeluarkan hanya biaya untuk membayar sejumlah tarif untuk koneksi Internet.




  • Surat biasa umumnya sampai pada beberapa hari, namun dengan email bisa dikatakan sampai ke tujuan dalam hitungan detik (tergantung server penyedia layanan email)




  • D. Metode pengiriman
    Pengiriman email diperlukan program / software mail-client. Email yang akan kita kirim akan melalui beberapa tahapan sebelum sampai di tujuan. Lebih jelasnya perhatikan diagram dibawah ini. Contoh adalah layanan yang menggunakan SMTP dan POP3.
    contoh ketika anda menulis email ke kerabat anda, berikut tahapannya :
    email yang akan dikirim -> email client (komputer anda) -> SMTP server penyedia email anda -> Internet -> server POP3 penyedia layanan email penerima -> email client (komputer kerabat anda) -> surat dapat dibaca kerabat anda. 


    E. Metode penarikan E-mail




  • Dengan membuka alamat penyedia email yang bersangkutan menggunakan Web Browser seperti Internet Explorer, FireFox, Opera, Google Chrome, dan lain lain






  • Dengan Email Client seperti Outlook Express, Mozilla Thunderbird, maupun program atau software sejenis. Jika menggunakan email client pengguna harus mengetahui konfigurasi yang didapat dari penyedia layanan internet masing-masing. Program semacam ini juga memiliki keunggulan yaitu: penarikan email lebih cepat, karena tidak perlu membuka website penyedia layanan email.





  • { 2 komentar... read them below or add one }

    kelompok 9e mengatakan...

    thanks atas infonya...

    kelompok2 mengatakan...

    masama,

    :) :( ;) :D ;;-) :-/ :x :P :-* =(( :-O X( :7 B-) :-S #:-S 7:) :(( :)) :| /:) =)) O:-) :-B =; :-c :)] ~X( :-h :-t 8-7 I-) 8-| L-) :-a :-$ [-( :O) 8-} 2:-P (:| =P~ :-? #-o =D7 :-SS @-) :^o :-w 7:P 2):) X_X :!! \m/ :-q :-bd ^#(^ :ar!

    Posting Komentar